Dampak Positif Investasi Reksadana yang Belum Diketahui oleh Banyak Orang

Reksadana merupakan kumpulan dana seseorang yang akan dikelola atau diolah untuk membeli obligasi, saham dan instrumen keuangan yang lain. Dibandingkan dengan investasi lainnya, sistem investasi Reksadana dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Para investor cukup memberikan sejumlah modal kepada manajer investasi yang nantinya modal tersebut akan diinvestasikan kembali oleh manajer investasi tersebut. Dengan sistem tersebut, para investor tidak perlu melakukan hal-hal yang menyulitkan. Cukup dengan menentukan Reksadana yang sesuai, investor tidak perlu melakukan hal yang lainnya. Berbicara mengenai jenis Reksadana yang ditawarkan, para investor dapat menemukan beragam jenis Reksadana yang ada. Setiap jenis Reksadana tersebut akan memberikan dampak positif bagi para investor. Untuk mengetahui jenis Reksadana tersebut, simak penjelasannya di bawah ini:

  • Reksadana pasar uang

Reksadana pasar uang memiliki resiko yang rendah jika dibandingkan dengan Reksadana lainnya. Reksadana tersebut keseluruhan akan ditempatkan oada obligasi, deposito dan SBI atau Sertifikat Bank Indonesia. Meskipun memiliki resiko yang rendah, Reksadana pasar uang juga memberikan keuntungan yang rendah. Karena itulah, investasi tersebut dipilih oleh para investor yang ingin berinvestasi selama kurang dari satu tahun.

  • Reksadana pendapatan tetap

Reksadana tersebut memiliki dana yang dialokasikan untuk obligasi sebesar 80 % ke atas. Jika dibandingkan dengan Reksadana pasar uang, Reksadana pendapatan tetap mampu memberikan keuntungan yang lebih tinggi. Investasi tersebut sangat tepat dipilih bagi investor yang ingin berinvestasi selama 1 hingga 3 tahun.

  • Reksadana campuran

Reksadana campuran akan mengalokasikan dananya untuk semua jenis instrumen keuangan. Saham, obligasi dan deposito menjadi pilihan alokasi dana selama menggunakan Reksadana campuran. Karena dapat dilakukan untuk investasi saham, Reksadana campuran memiliki resiko yang cukup tinggi. Meskipun begitu, Reksadana campuran mampu memberikan keuntungan yang cukup tinggi pula. Investasi tersebut dapat dilakukan dalam jangka waktu 3 hingga 5 tahun.

  • Reksadana saham

Para investor yang ingin menjaga masa depan dengan baik, melakukan investasi di Reksadana merupakan pilihan terbaik yang dapat dilakukan. Ada banyak keuntungan yang akan dirasakan oleh investor ketika memilih investasi Reksadana. Untuk mengetahui dampak positif atau keuntungan yang akan diperoleh, simak penjelasannya di bawah ini:

  • Biaya yang terjangkau

Investasi di Reksadana tidak membutuhkan dana yang besar. Jenis investasi tersebut sangat sesuai bagi investor pemula yang ingin menjaga keuangannya di masa depan. Nilai awal untuk melakukan investasi cukup rendah. Dengan biaya investasi yang rendah tersebut, para investor tidak perlu merasa takut jika berhadapan dengan kerugian.

  • Mudah mengelola investasi

Keberadaan manajer investasi membuat para investor tidak perlu melakukan hal-hal tertentu. Investor tersebut menganalisa dan mengamati pasar saham. Mengelola investasi akan ditanggung oleh manajer investasi yang sebelumnya telah mendapatkan ijin dari otoritas keuangan tertinggi.

  • Memiliki keamanan yang cukup tinggi

Dampak positif lainnya yang akan dirasakan oleh investor Reksadana adalah dana investasi yang diinvestasikan akan dijaga dengan baik. Dengan jaminan keamanan tersebut, para investor tidak perlu merasa ragu untuk melakukan investasi di Reksadana.

  • Resiko investasi dapat dikurangi

Perlu diketahui oleh para investor, Reksadana dapat diinvestasikan untuk ratisan saham atau obligasi. Dengan hal tersebut, para investor dapat meminimalkan resiko yang mungkin akan dihadapi nantinya.

  • Transparan

Reksadana memberikan informasi jelas kepada semua investornya. Dengan informasi tersebut, para investor dapat mengamati keuntungan, resiko dan biaya investasi secara online. Prospektus Reksadana dilakukan secara teratur sehingga para investor akan menerima informasi terbaru setiap waktunya.

Dampak positif lainnya yang akan dirasakan oleh para investor ketika berinvestasi di Reksadana adalah likuiditas yang tinggi. Likuiditas sendiri merupakan kemampuan sebuah perusahaan untuk memberikan kewajiban dalam jangka waktu yang pendek. Jika Reksadana dapat memberikan likuiditas yang tinggi, dapat dipastikan  bahwa Reksadana mampu membayarkan kewajibannya dalam jangka waktu yang pendek. Dengan likuiditas tinggi tersebut, para investor nantinya dapat mencairkan unit penyertaan berdasarkan dengan jenis Reksadana yang telah dipilih sebelumnya. Tidak hanya itu, investasi Reksadana juga mudah dilakukan melalui manajer keuangan yang telah memiliki sertifikat dari OJK. Para investor yang ingin melakukan investasi dalam waktu singkat, mereka dapat melakukan investasi online melalui aplikasi Reksadana. Hanya dalam waktu 5 menit, investot tersebut dapat melakukan investasi dengan cara mudah. Keuntungan melakukan investasi dapat pula dirasakan oleh investor melalui Sequis Life. Asuransi tersebut menawarkan investasi kesehatan dan investasi jiwa kepada investor. Jika diperhatikan dengan seksama, Sequis Life berhasil mendapatkan aset hingga 18,7 triliun di akhir tahun 2017 lalu. Produk investasi yang ditawarkan oleh Sequis Life sendiri memiliki jumlah yang cukup banyak. Para investor dapat menggunakan produk investasi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keperluan yang mereka miliki.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *